Sekilas tentang cara kerja karburator
1.Prinsip kerja
karburator pada kendaran
roda dua kita.
Dalam langkah kerja karburator itu mudah untuk dipahami dan
tidak terlalu rumit.Pada umumnya karburator merupakan alat untuk menyemburkan
bensin ke ruang bakar pada kendaraan roda dua kita.disamping untuk fungsi
tersebut karburator merupakan untuk mengartur cepat atu pelannya kendaraan
kita.karena sesuai dengan fungsinya yaitu untuk mengubah bensin menjadi gas
yang dicampur dengan udara.pada kendaraan kita fungsi karburator mencampur
bahan bakar bensin dengan udara kemudian dimasukkan ke ruang bakar dan dialiri
oleh listrik yang berasal dari percikan busi.beberapa saat sebelum piston
mencapai titik mati atas (TMA) bahan bakar bensin atau gas bensin ini
dimasukkan keruang bakar atau dihisap.dengan suhu dan tekaan yang sangat tunggi
dalam silinder (ruang bakar) dan menyebabkan mesin dapat hidup dengan
sendirirnya sehingga membentuk pembakaran.agar bensin dapat terbakar dengan
sendirinya diperlukan rasio kompersi sebesar 15-22 dan suhu kompersi kira-kira 600ºC.itulah langkah kerja karburator pada
kendaraan roda dua kita.
Berikut
ini adalah gambar jeroan karburator.
2.keuntungan dan
kerugian karburator.
Kalau menurut saya kendaraan roda dua yang memakai
karburator itu lebih banyak keuntungannya daripada ruginya.karena karburator
itu mudah dalam perawatannya.
Keuntungan memakai karburator:
1.mudah dalam perawatan
2.tidak memerlukan teknik khusus dalam pembokaran
3.dari segi harga lebih ekonomis.
4.mudah dicari (tidak perlu inden)
5.dapat diganti jeroannya
Kerugian memakai karburator:
~kalau kerugian ini menururt saya dari segi perawatan si
pemilik kendaraan tersebut.karena perawatan ini diperlukan untuk memperpanjang
umur karburator.
Berikut ini langkah kerja kendaraan roda dua dengan prinsip
4tak (4langkah)
1.langkah hisap yaitu:ketika torak/piston berada pada posisi
TMA menuju TMB.Udara masuk melaluikatup hisap sedangkan katup buang tertutup.
2.langkah kompresi yaitu:ketika torak/piston bergarak dari
TMB menuju TMA dengan menempatkan udara yang dihisap,karena kedua katup hisap
dan buang tertutup,sehingga tekanan dan suhu udara dalam silinder tersebut akan
naik.
3.langkah usaha yaitu:ketika katup hisap dan buang masih
tertutup,partikel bahan bakar yang kabutkan oleh karburator dan dicampur oleh
udara dimasukan ke ruang bakar disertai dengan percikan api dari busi.pada
langkah ini torak/piston bergerak dari TMA menuju TMB,karena pembakaran
berlangsung secara bertahap.
4.langkah buang yaitu:ketika torak/piston bergerak lurus
dari TMA menuju TMB dengan katup hisap tertutup dan katup buang
terbuka,sehingga gas bekas pembakaran didorong keluar.
3.proses pembakaran pada
karburator.
Proses pembakaran dibagi menjadi 4 periode:
a) Periode 1: Waktu pembakaran tertunda (ignition delay)
(A-B)
Pada periode ini disebut fase persiapan pembakaran, karena
partikel-partikel bahan bakar yang dikabutkan bercampur dengan udara di dalam
silinder agar mudah terbakar.
b) Periode 2: Perambatan api (B-C)
Pada periode 2 ini campuran bahan bakar dan udara tersebut
akan terbakar di beberapa tempat. Nyala api akan merambat dengan kecepatan
tinggi sehingga seolah-olah campuran terbakar sekaligus, sehingga menyebabkan
tekanan dalam silinder naik. Periode ini
sering disebut periode ini sering disebut pembakaran letup.
c) Periode 3: Pembakaran langsung (C-D)
Akibat nyala api dalam silinder, maka bahan bakar yang
dikabutkan langsung terbakar. Pembakaran langsung ini dapat dikontrol dari
jumlah bahan bakar yang dikabutkan, sehingga periode ini sering disebut periode
pembakaran dikontrol.
d) Periode 4: Pembakaran lanjut (D-E)
berakhir di titik D,
tetapi bahan bakar belum terbakar semua. Jadi walaupun pembakaran telah
berakhir, pembakaran masih tetap berlangsung. Bila pembakaran lanjut terlalu
lama, temperatur gas buang akan tinggi menyebabkan efisiensi panas turun
berikut ini tutorial proses pembakaran pada karburator
kendaraan roda dua kita.semoga bermanfaat untuk kita semua.kurang lebihnya saya
ucapkan terima kasih.
“selamat bekerja”
0 komentar:
Posting Komentar