1. Pemeriksaan, Penggantian / Penambahan* Pelumas
Seperti biasa, memeriksa apakah pelumas
mesin masih baik atau tidak jika sudah kurang baik sebaiknya diganti dan bila
kurang (dibaca:kurang dari takaran) tinggal ditambahkan lagi tapi harus diingat
untuk mengganti dengan minyak pelumas yang sama dengan minyak pelumas yang
sebelumnya. Ini dimaksudkan agar minyak pelumas tidak bereaksi dengan minyak
pelumas yang lain.
Dalam pemilihan minyak pelumas haruslah
disesuaikan dengan karakteristik mesin yang digunakan. Hal ini akan merawat
mesin agar tetap baik selain itu juga dapat menghemat pengeluaran untuk minyak
pelumas. Perlu diketahui jika mesin motor yang digunakan hanya untuk pergi
kantor atau pergi sekolah yang tidak memerlukan kerja keras dari mesin maka
pelumas yang dibutuhkan tidak perlu menggunakan pelumas sinthetic, selain
pelumasnya mahal dimesin pun kurang effektif. “bagaikan membunuh nyamuk dengan
nuklir” kurang effektif. Akan tetapi jika mesin yang digunakan untuk balap atau
untuk jarak yang jauh atau mesin bekerja dengan keras maka oli sinthetic cukup
tepat.
Selain itu, orang kadang memakai minyak
pelumas dengan SAE dengan seri W atau winter untuk penggunaan minyak pelumas
tersebut pada negara 4 musim memang baik akan tetapi jika digunakan di negara
tropis minyak pelumas tersebut tidak akan dapat bekerja secara maksimal. Akan
lebih baik jika dengan menggunakan minyak pelumas yang biasa karena minyak
pelumas yang tanpa seri W sudah cukup untuk negara yang berada dikawasan tropis.
2. Pemeriksaan Saringan Oli
type sport, menyatu dengan tutup pembuangan
oli
type bebek, dilakukan dengan membuka right
crankcase
bersihkan saringan Oli karena jika saringan
tidak bersih, mengakibatkan pelumasan tidak sempurna. Ini dapat mengakibatkan
adanya gesekan pada mesin yang membuat mesin menjadi cepat manas dan dapat
mengakibatkan aus. Jika mesin aus mengakibatkan mesin bias rusak. Dan
mengakibatkan kita harus mengganti, duit keluar lagi dah…. Buset…!!!
3.
Pemeriksaan / Penyetelan Kopling
1. Sport
Atur jarak bebas 10 – 20 mm
CUB
4. Pemeriksaan / Penyetelan Renggang Klep
~ Pelatuk klep harus bebas biasanya jarak
clearance bebas untuk motor bebebk adalah 0.05 mm
~Piston berada pada posisi TMA pada langkah
kompresi
~Pemeriksaan dilakukan dalam kondisi mesin
dingin
CARA PENYETELAN KERENGGANGAN KATUP
~ longgarkan mur pengikat
~longgarkan mur penyetel
~masukkan fuller gauge
~setel mur penyetel
~kencangkan mur pengikat
1. Pembersihan / Penyetelan Karburator
bersihkan karburator dari kotoran dengan
membongkarnya dan memberihkan dengan sikat atau kuas. Periksa
setiap lubang main jet maupun pilot jet bila tersumbat bersihkan dengan
compressor.
2.Pemeriksaan saluran bahan bakar
Periksa semua selang atau pipa yang
mengalirkan bahan bakar, bersihkan dengan kompresor biar kotoran dapat keluar.
3. Pemeriksaan / Pembersihan Busi
Periksa jarak kerenggangan pengapian pada
busi, biasanya pada bebek 0.6 – 0.7 mm dan pada motor sport 0.8 – 0.9 mm
4. Pembersihan Saluran Udara
Bersihkan saluran udara denagn menggunakan
kompresor. Saluran udara merupakan pemisah kotoran sehingga udara yang masuk
dalam karburator dan ruang bakar benar – benar udara bersih.
5. Pemeriksaan / Pelumasan Rantai Roda
Bersihkan rantai roda dari kotoran
menggunakan minyak pembersih atau parafin dan segera keringkan.
Bersihkan rantai dengan O Ring menggunakan
deterjent, keringkan
Lumasi dengan minyak pelumas SAE 80 atau 90
Atur jarak
kerenggangan rantai motor sesuai petunjuk OEM
1. Pemeriksaan / Penyetelan Rem
Periksa jarak kerenggangan atau jarak
bebas tuas rem depan dan rem belakang.
Rem Tromol
Periksa keausan rem tromol
Periksa tromol rem terhadap keretakan /
kerusakan
Rem Cakram
pemeriksaan adanya udara dalam sistim rem
Periksa keausan pada pad
Pemeriksaan / Penambahan Tekanan Angin
Biasa pada roda depan 25 psi dan roda
belakang 30 psi
Pemeriksaan Suspensi Depan & Belakang
Pemeriksaan Lampu & Klakson
Pemeriksaan / Penambahan Air Aki
Tambahkan cairan battery untuk setiap sel
sampai batas yang ditentukan
Perawatan terminal batteray
Pemeriksaan / Penyetelan Switch Rem
Penyetelan switch lampu rem belakang
Pemeriksaan Air Radiator
Pada kendaraan sport periksa air radiator
agar dapat bekerja maksimal dalam mendinginkan mesin waktu berkendara
Pemeriksaan / Penambahan Minyak Rem
Putar handle bar sampai mimyak rem pada
posisi mendatar
Buka cover & diafragmanya letakkan pada
tempat yang aman.
Lindungi bagian yang kemungkinan terkena
minyak rem dengan kain lap.
Siapkan air untuk mengantisipasi jika ada
yang terkena minyak rem.
Pemeriksaan / Penyetelan Putaran Gas Tangan
Untuk pengaturan dan penyetelan gas tangan
bisa disesuaikan dengan keinginan
Pemeriksaan Pergerakan Bebas Stang Kemudi
Periksa kebebasan gerak stang kemudi agar
dalam berkendara saat membelok denga nyaman.
Pemeriksaan / Pengencangan Mur & Baut
Sebagai kenyamanan dalam berkendara akan
lebih baik jika baut dan mur dikencangkan sesuai dengan fungsinya.
Semoga
bermanfaat … selamat berkendara jangan lupa patuhi peraturan lalu lintas… =)
0 komentar:
Posting Komentar