tips perawatan rutin sepeda motor

Jumat, 21 Oktober 2016




   1. Pemeriksaan, Penggantian / Penambahan* Pelumas
    Seperti biasa, memeriksa apakah pelumas mesin masih baik atau tidak jika sudah kurang baik sebaiknya diganti dan bila kurang (dibaca:kurang dari takaran) tinggal ditambahkan lagi tapi harus diingat untuk mengganti dengan minyak pelumas yang sama dengan minyak pelumas yang sebelumnya. Ini dimaksudkan agar minyak pelumas tidak bereaksi dengan minyak pelumas yang lain.



    Dalam pemilihan minyak pelumas haruslah disesuaikan dengan karakteristik mesin yang digunakan. Hal ini akan merawat mesin agar tetap baik selain itu juga dapat menghemat pengeluaran untuk minyak pelumas. Perlu diketahui jika mesin motor yang digunakan hanya untuk pergi kantor atau pergi sekolah yang tidak memerlukan kerja keras dari mesin maka pelumas yang dibutuhkan tidak perlu menggunakan pelumas sinthetic, selain pelumasnya mahal dimesin pun kurang effektif. “bagaikan membunuh nyamuk dengan nuklir” kurang effektif. Akan tetapi jika mesin yang digunakan untuk balap atau untuk jarak yang jauh atau mesin bekerja dengan keras maka oli sinthetic cukup tepat.

    Selain itu, orang kadang memakai minyak pelumas dengan SAE dengan seri W atau winter untuk penggunaan minyak pelumas tersebut pada negara 4 musim memang baik akan tetapi jika digunakan di negara tropis minyak pelumas tersebut tidak akan dapat bekerja secara maksimal. Akan lebih baik jika dengan menggunakan minyak pelumas yang biasa karena minyak pelumas yang tanpa seri W sudah cukup untuk negara yang berada dikawasan tropis.
  2.  Pemeriksaan Saringan Oli

    type sport, menyatu dengan tutup pembuangan oli




    type bebek, dilakukan dengan membuka right crankcase


    bersihkan saringan Oli karena jika saringan tidak bersih, mengakibatkan pelumasan tidak sempurna. Ini dapat mengakibatkan adanya gesekan pada mesin yang membuat mesin menjadi cepat manas dan dapat mengakibatkan aus. Jika mesin aus mengakibatkan mesin bias rusak. Dan mengakibatkan kita harus mengganti, duit keluar lagi dah…. Buset…!!!
3.  Pemeriksaan / Penyetelan Kopling 
       1. Sport
   Atur jarak bebas 10 – 20 mm


        CUB

   4. Pemeriksaan / Penyetelan Renggang Klep

   ~ Pelatuk klep harus bebas biasanya jarak clearance bebas untuk motor            bebebk adalah 0.05 mm
    ~Piston berada pada posisi TMA pada langkah kompresi
    ~Pemeriksaan dilakukan dalam kondisi mesin dingin




CARA PENYETELAN KERENGGANGAN KATUP

   ~ longgarkan mur pengikat
    ~longgarkan mur penyetel
    ~masukkan fuller gauge
    ~setel mur penyetel
    ~kencangkan mur pengikat



  1.  Pembersihan / Penyetelan Karburator
   bersihkan karburator dari kotoran dengan membongkarnya dan memberihkan dengan sikat atau kuas.                    Periksa setiap lubang main jet maupun pilot jet bila tersumbat bersihkan dengan compressor.


    2.Pemeriksaan saluran bahan bakar

    Periksa semua selang atau pipa yang mengalirkan bahan bakar, bersihkan dengan kompresor biar kotoran dapat keluar.




  3.  Pemeriksaan / Pembersihan Busi
    Periksa jarak kerenggangan pengapian pada busi, biasanya pada bebek 0.6 – 0.7 mm dan pada motor sport 0.8 – 0.9 mm


  4.  Pembersihan Saluran Udara
    Bersihkan saluran udara denagn menggunakan kompresor. Saluran udara merupakan pemisah kotoran sehingga udara yang masuk dalam karburator dan ruang bakar benar – benar udara bersih.


   5. Pemeriksaan / Pelumasan Rantai Roda

    Bersihkan rantai roda dari kotoran menggunakan minyak pembersih atau parafin dan segera keringkan.
    Bersihkan rantai dengan O Ring menggunakan deterjent, keringkan
    Lumasi dengan minyak pelumas SAE 80 atau 90


Atur jarak kerenggangan rantai motor sesuai petunjuk OEM

   1. Pemeriksaan / Penyetelan Rem
    Periksa jarak kerenggangan atau jarak bebas tuas rem depan dan rem belakang.





        Rem Tromol

    Periksa keausan rem tromol
    Periksa tromol rem terhadap keretakan / kerusakan



    Rem Cakram
    pemeriksaan adanya udara dalam sistim rem



    Periksa keausan pada pad


    Pemeriksaan / Penambahan Tekanan Angin


    Biasa pada roda depan 25 psi dan roda belakang 30 psi
    Pemeriksaan Suspensi Depan & Belakang

    Pemeriksaan Lampu & Klakson

    Pemeriksaan / Penambahan Air Aki
    Tambahkan cairan battery untuk setiap sel sampai batas yang ditentukan



    Perawatan terminal batteray


    Pemeriksaan / Penyetelan Switch Rem
    Penyetelan switch lampu rem belakang


    Pemeriksaan Air Radiator
    Pada kendaraan sport periksa air radiator agar dapat bekerja maksimal dalam mendinginkan mesin waktu berkendara


    Pemeriksaan / Penambahan Minyak Rem

    Putar handle bar sampai mimyak rem pada posisi mendatar
    Buka cover & diafragmanya letakkan pada tempat yang aman.
    Lindungi bagian yang kemungkinan terkena minyak rem dengan kain lap.
    Siapkan air untuk mengantisipasi jika ada yang terkena minyak rem.



    Pemeriksaan / Penyetelan Putaran Gas Tangan
    Untuk pengaturan dan penyetelan gas tangan bisa disesuaikan dengan keinginan




    Pemeriksaan Pergerakan Bebas Stang Kemudi
    Periksa kebebasan gerak stang kemudi agar dalam berkendara saat membelok denga nyaman.


    Pemeriksaan / Pengencangan Mur & Baut
    Sebagai kenyamanan dalam berkendara akan lebih baik jika baut dan mur dikencangkan sesuai dengan fungsinya.



Semoga bermanfaat … selamat berkendara jangan lupa patuhi peraturan lalu lintas… =)

0 komentar:

Posting Komentar